Solidaritas.net Media Center

0

Solidaritas.net Media Center adalah pusat kegiatan produksi dan penyebarluasan konten, konsultasi, pendidikan serta advokasi perburuhan.

1.1 Produksi dan Penyebarluasan Konten
Produksi konten adalah kegiatan pembuatan informasi sampai dengan ditampilkan di media online Solidaritas.net dan disebarkan melalui media multi-platform. Program ini dapat dinikmati oleh buruh di seluruh wilayah di Indonesia dan bahkan luar negeri.

Konten
Konten adalah informasi dan pengetahuan seputar perburuhan berupa berupa teks, gambar dan video yang sifatnya ringkas, padat dan jelas agar mudah diakses dan diserap oleh buruh.

Situs (Website)
Website Solidaritas.net adalah media online yang menggunakan template (theme) yang mobile responsive, bersifat interaktif serta dilengkapi dengan aplikasi Blackberry Launcher dan aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis. Website ini menggunakan platform WordPress yang dikenal mudah digunakan. Sementara penyimpanan data website menggunakan dedicated hosting di layanan yang menjamin kebebasan berpendapat (free speech). Website dilengkapi dengan content delivery network (CDN) untuk membuat website semakin ringan sehingga mudah diakses di ponsel. Website menggunakan formulir komentar Facebook agar buruh mudah berkomentar, karena Facebook adalah media sosial yang paling populer di kalangan buruh. Tautan (link) website dipersingkat menjadi short link (tautan pendek; uniform resources locator/url pendek) agar jumlah karakter menjadi lebih pendek sehingga mudah disebarluaskan melalui media sosial dan media seluler. Aplikasi Blackberry Launcher dan Android disediakan bagi buruh yang mengakses website dengan menggunakan Blackberry dan smartphone berbasis Android. Dan disediakan pilihan versi cetak bagi penerima SMS yang tidak bisa mengakses internet, yang bisa diambil di Kantor Solidaritas.net Media Center.

Saluran video online
Saluran video online Solidaritas.net adalah informasi perburuhan yang disajikan dalam bentuk video, berupa berita, talk show (bincang-bincang), diskusi, film dokumenter dan feature perburuhan, yang tayang di Solidaritas.net dan Youtube. Ukuran file akan dikompresi seringan mungkin dalam format 3gp agar mudah dibuka di perangkat seluler. Penyebarluasan konten adalah kegiatan membagikan konten melalui media seluler multi platform, yakni:

Pesan Center: Short Message Service (SMS), Whats App dan Blackberry Messanger (BBM)
Pesan Center adalah layanan yang digunakan sebagai media pengiriman pesan, pelayanan konsultasi dan penggalangan dukungan, yakni dengan menggunakann Short Message Service (SMS) Center, Whats App dan Blackberry Messanger (BBM). SMS Center dibuat dengan menggunakan aplikasi open source GAMMU, sementara Whats App dan BBM diakses dengan menggunakan Smartphone.

Facebook
Konten dibagikan di media sosial Facebook melalui status, fitur kelompok (group) dan halaman penggemar (fan page).

1.2 Konsultasi, Pendidikan dan Advokasi
Kegiatan konsultasi, pendidikan dan advokasi disediakan untuk pembaca Solidaritas.net yang ingin memahami lebih mendalam mengenai masalah hukum perburuhan dan memajukan kapasitasnya dalam advokasi.

1.2.1 Konsultasi
Konsultasi adalah kegiatan melayani pengaduan dan permintaan informasi untuk mengatasi kasus perburuhan yang dialami oleh buruh. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dari jam 09.00 hingga jam 17.00 WIB melalui tatap muka langsung, dan dari jam 09.00 sampai jam 20.00 WIB untuk layanan konsultasi melalui SMS, BBM dan Whats App. Konsultasi meliputi masalah-masalah sebagai berikut:

Masalah normatif yang mengacu pada Undang-Undang Ketenagakerjaan dan aturan-aturannya turunannya yang meliputi hak upah, tunjangan-tunjangan, keselamatan dan kecelakaan kerja (K3), status hubungan kerja, serta kebebasan berserikat.
Siasat perjuangan dan advokasi di pabrik.
1.2.2 Konsolidasi dan diskusi (kopi darat)
Konsolidasi dan diskusi (kopi darat) adalah kegiatan pertemuan dengan para pembaca yang diselenggarakan setiap bulan atau 12 kali selama satu tahun. Kegiatan ini membahas masalah sebagai berikut:

Masalah-masalah perburuhan aktual dan jalan keluarnya.
Kritik, saran dan masukan dari pembaca Solidaritas.net.
1.2.3 Pendidikan
Pendidikan adalah kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas yang terdiri atas: 1. Pendidikan jurnalis warga/buruh, yang materinya terdiri dari:

Dasar-dasar jurnalistik.
Cara menulis dan membuat berita.
Cara memanfaatkan media seluler untuk menjadi kontributor atau jurnalis warga/buruh.
Pendidikan jurnalistik diselenggarakan sebanyak 4 kali dalam satu tahun dimana satu kali pendidikan sebanyak 2 kali pertemuan. 2 .Pendidikan advokasi, yang materinya terdiri dari:

Pengantar hukum
Hukum perburuhan
Hukum acara pengadilan hubungan industrial
Simulasi pengadilan hubungan industrial
Siasat advokasi melalui jalur litigasi dan non litigasi.
Pendidikan advokasi diselenggarakan sebanyak 4 kali dalam satu tahun dimana satu kali pendidikan sebanyak 4 kali pertemuan. 3. Pendidikan ekonomi dan politik perburuhan.

Sejarah pembentukan relasi sosial antara pengusaha dengan buruh.
Analisa proses produksi dan jantung pabrik .
Analisa rantai pasokan (supply chain).
Siasat pemogokan dan aksi.
Kombinasi perjuangan ekonomis dan politis.
Politik hukum.
Pendidikan ekonomi dan politik perburuhan diselenggarakan sebanyak 4 kali dalam satu tahun dimana satu kali pendidikan sebanyak 4 kali pertemuan.

1.2.4 Advokasi Advokasi adalah kegiatan pembelaan terhadap buruh melalui jalur litigasi dan non litigasi. Pemberian bantuan advokasi baik dalam jalur litigasi dan non litigasi. Bantuan litigasi diberikan kepada 6 kasus dalam satu tahun dan bantuan non litigasi diberikan kepada 12 kasus dalam satu tahun. Bantuan litigasi diprioritaskan untuk kasus buruh kontrak sebagai masalah paling luas dan prinsipil—karena menyangkut kepastian kerja—yang diderita oleh kaum buruh saat ini. Adapun kegiatan advokasi meliputi: 1) Litigasi adalah bantuan advokasi hukum formil diberikan dalam bentuk penasehat hukum untuk membantu buruh yang membela dirinya sendiri dengan beracara di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

2) Non litigasi adalah bantuan advokasi (baca: pembelaan) yang diberikan dalam bentuk penggalangan dukungan dari publik untuk memberikan tekanan kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab atas kasus yang dialami buruh. Contohnya dengan kampanye, petisi, boikot dan aksi. Kegiatan advokasi selanjutnya didorong untuk membentuk wadah-wadah advokasi yang dijalankan oleh buruh sendiri. Wadah ini fokus pada kegiatan memajukan kapasitas buruh untuk mengadvokasi dengan pendidikan dan latihan mengadvokasi diri sendiri maupun buruh lainnya. Selain tiga kegiatan utama tersebut di atas, media center ini juga menyelenggarakan kegiatan lain, yakni pertujukkan kesenian, pemutaran film (feature dan dokumenter), serta pameran (display) usaha sampingan buruh serta korban PHK. Seluruh kegiatan ini kemudian diolah menjadi informasi dan pengetahuan yang selanjutnya dipublikasikan di media Solidaritas.net.

Baca juga: Laporan Solidaritas.net Media Center

Aktivitas

Aktivitas program Solidaritas.net Media Center bisa dilihat di PRANALA INI.

Capaian:

Pada tahun 2015, aktivitas-aktivitas Solidaritas.net Media Center melahirkan Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR) yang mampu menjadi serikat buruh mandiri pada tahun 2017 dari iuran anggota. Saat ini FSEDAR memiliki sekitar 1000 anggota. Lihat situs FSEDAR di FSEDAR.org. Sementara, Solidaritas.net tetap berjalan hingga saat ini dengan berita-berita perburuhan dan analisa hukum perburuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *